Minggu, 25 Februari 2018

Prinsip SNA 2008

 17 tahun lebih mengabdi di instansi statistik, bidang neraca dan analisis...
dalam tugas pokok sehari-hari, rasanya tak lepas dari yang namanya neraca
ya..neraca, suatu bagan keseimbangan antara penyediaan dan penggunaan, antara aset dan kewajiban....
dibalik semua itu,
ada kerangka kerja neraca yang menjadi pedoman dalam setiap penyusunan neraca yang ada.
yaitu,....SNA atau System of National Account

Tahun 2009 diterbitkan SNA yang baru, yaitu SNA 2008. SNA inilah yang menjadi pedoman atau dasar dalam penyusunan neraca saat ini....




SNA 2008 atau System of National Account merupakan suatu panduan bagi negara-negara di dunia yang direkomendasikan PBB untuk menyusun neraca-neraca kegiatan ekonomi suatu negara.

Dalam buku SNA 2008 (UN, 2009) :
         System of National Account is a statistiical framework that provides a comprehensive,      
         consistent, and flexible set of macroeconomic account for policymaking, analysis, and research 
         purpose (SNA 2008, Foreword)

SNA 2008 atau Sistem Neraca Nasional (SNN) 2008 merupakan suatu kerangka kerja statistik atau sistem data yang menyajikan suatu set neraca-neraca ekonomi makro secara komprehensif, konsisten dan terintegrasi , yang dapat digunkaan untuk melakukan analisa dan pengambilan kebijakan serta maksud penelitian lainnya.

Komprehensif
Artinya menyeluruh. SNA 2008 bersifat komprehensif artinya, SNA tidak hanya menyajikan kegiatan ekonomi suatu negara secara menyeluruh, tetapi juga merinci kegiatan-kegiatan ekonomi tersebut menurut pelaku-pelaku ekonomi (institusi) yang melaksanakan kegiatan ekonomi tersebut, serta menyajikan berbagai arus transaksi (flows) yang terjadi, yang menghasilkan berbagai kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi. Selain itu SNA juga menyajikan suatu neraca harta dan kewajiban pelaku ekonoi, serta menampilkan neraca yang menunjukkan keterkaitan ekonomi domestik suatu negara dengan luar negeri.

Konsisten
Konsisten memiliki arti tidak berubah atau tetap karena taat azas. Data yang dihasilkan pada suatu neraca ekonomi dalam SNA dengan data pada neraca lainnya konsisten, karena SNA dibangun dengan menggunakan sistem akuntansi yang baku (standard accounting principles) yang sama, konsisten dalam isian pada sis kredit maupun debit, atau pada sisi sumber maupun penggunaan.

Terintegrasi
 SNA bersifat terintegrasi karena neraca-neraca yang disusun dalam SNA mencerminkan semua konsekuensi dan transaksi-transaksi ekonomi yang dilakukan oleh pelaku-pelaku ekonomi di suatu negara secara berurutan.
Neraca dalam SNA disajikan secara berurutan sehingga memberikan sekuen (urutan-urutan) mengenai gambaran kondisi ekonomi makro yang berkesinambungan dari suatu kejadian (neraca) kepada kejadian (neraca) lainnya.

Konsep serta metodologi dalam SNA telah sejalan dengan buku-buku manual lainnya (seperti IMF Balance of Payments Manual dan IMF Government Finance Statistics). Hal ini dimaksudkan karena SNA merupakan suatu kerangka kerja yang mengkoordinasi berbagai statistik ekonomi yang ada.


Evolusi SNA (SNN):
SNA1953  - Kompilasi sederhana mengenai ekonomi dalam tabel-tabel dan neraca dalam harga berlaku (current prices)

SNA 1968 – Sistem neraca yang diperluas, termasuk tabel input-output, prinsip-prinsip umum mengenai harga (prices) dan volume dan neraca-neraca finansial (financial accounts)

SNA 1993 – Memasukkan balance sheets, masalah ketenagakerjaan (employment) dan masalah daya beli (purchasing power parities), serta struktur neraca yang lebih rinci (seperti lebih banyak neraca-neraca ekonomi, lebih rinci mengenai rincian sub-sektor dan supply and use tables yang lebih rinci); bagian yang terpisah mengenai satellite accounts dan flexible adjustments terhadap kondisi perekonomian nasional; serta diskusi rinci mengenai prinsip-prinsip umum mengenai harga (prices) dan volume (seperti chaining and index formulae)

SNA 2008 – Presentasi yang lebih rinci mengenai beberapa topik, seperti neraca pemerintah, sektor informal (informal sectors) dan jasa kapital (capital services) yang penting untuk pengukuran produktivitas.



Sumber : UN 2009, System of National Account 2008
               Sutomo, Slamet, 2015. "Sistem Data dan Perangkat Analisis Ekonomi Makro"


#PerempuanBPSMenulis
#MenulisAsyikDanBahagia
#15HariBercerita
#HariKe-12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bandung (kembali) diguyur hujan

Bandung kembali diguyur hujan, siang ini dari lantai 5 gedung kantor,...... menikmati hujan yang derasnya luar biasa... kilat, petir, gel...